Cuci Gudang

Pemusnahan buku umumnya terjadi atas kepentingan rezim di masa itu, tidak peduli pengaruhnya akan dirasakan oleh rezim-rezim sesudahnya. Sepengetahuan saya, yang terbatas dan bisa  salah tentu saja, rezim yang membiarkan buku-buku terbakar semuanya mirip-mirip. Setidak-tidaknya, pola tujuan rezim-rezim ini serupa; mencegah berkembangnya pengetahuan yang kelak dapat membuat rezim tersebut runtuh. Dari penghancuran buku-buku orang islam oleh romawi, hingga pembakaran buku-buku komunis pada rezim Soeharto.

Sebenarnya saya hanya ingin bilang kalau saya tidak ingin menjadi semacam rezim yang memusnahkan buku-buku, dengan menghapus tulisan-tulisan saya. Meski saya cukup khawatir karena tulisan-tulisan lama saya (yang ditulis tanpa mengenal malu) berpotensi meruntuhkan harga diri saya dimasa mendatang bila dibaca oleh seorang yang saya kenal. Namun saya percaya, cara yang benar untuk menghadapi pengetahuan yang bertentangan bukanlah dengan menghilangkannya, tapi dengan memperkaya pengetahuan yang sudah ada dengan terus menambah pengetahuan baru. Menghilangkan arsip justru menghambat berkembangnya pengetahuan baru bukan?

Demikian, saya mengosongkan blog ini dan memindahkan tulisan-tulisan lama saya ke

http://agengdulu.wordpress.com

Saya sangat terbantu  oleh fasilitas export-import postingan di wordpress. Seandainya para dukun zaman dulu lebih memilih memindahkan buku-buku ke dalam tanah dan bukannya paku ke dalam perut, membiarkan kata-kata hilang terbawa angin, mungkin saat ini lebih banyak orang yang bepikir selagi menggali pasir dari pada duduk diam menggapai angan.

2 pemikiran pada “Cuci Gudang

Bro.. komennya bro Щ(º_ºщ) #pengemiskomen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s