Kenapa Memakai Twitter? Apa Alasanya?

Kemarin kan gue baru posting tentang bagaiman caranya main twitter meskipun ternyata banyak yang kagak ngarti, jadi harus dijelasin lagi di komentar (meskipun kayaknya mereka masih ga ngerti). Hahaha gue yang payah nih.

Temen gue dulu pernah nanya” apa sih enaknya twitter? kenapa ga lewat facebook aja?”. Ga heran sih orang nanya gitu,

gue dulu sebelum kenal sama twitter juga nanya “Mas, WCnya dimana ya? Ini jambanya kemepetan tembok Mas, Ga bisa jongkok!”.

Nah untuk menjawab pertanyaan itu (yang dari temen gue lho) sekarang gue presentasikan hasil penelitian gue terhadap orang-orang Facebook yang pindahke  twitter:

1. Dianggap Baru
Kebanyakan orang pidah dari twitter pertama kali adalah karena twitter di anggap baru walaupun sebenarnya udah lama. Ini semua karena mereka merasa sudah bosan dengan facebook. Gimana ga bosen, facebook selalu nanya “Apa yang sedang anda pikirkan?” setiap kita membuka facebook. Dan survey membuktikan bahwa setiap orang yang membuka facebook akan berpikir “Kenapa anda selalu menanyakan hal yang sama?”. Pertanyaan dan pemikiran yang sama sudah jelas akan membuat kita bosan dan jenuh. Oleh karena itu banyak orang yang pindah ke twitter dan yang ga bisa twitteran malah berpikir untuk pensiun dari dunia internet. Sungguh ironis.

2. Lebih Simpel
Tampilan twitter terlihat lebih simpel baik di homepage maupun profil apabila dibandingkan dengan tampilan facebook yang campur aduk dengan berbagai macam hal yang terkesan lebay seperti: ‘Nadia baru saja mengganti foto profilnya 2menit yang lalu’, atau ‘Nadia baru saja menambahkan Si Otong sebagai temanya 40detik yang lalu’, atau ‘Nadia baru saja berpacaran dengan Si Otong 30 detik yang lalu’, maupun ‘Nadia baru saja mencantumkan Si Luman sebagai anakanya 10detik yang lalu.

Kesanya jadi bukan kaya Jejaring Sosial, tapi Ngegosip Sosial. Bisa saja orang malah menilai Nadia sebagai orang yang ga bener. Gimana ga, dia baru kenalan sama Si Otong, trus 10 detik kemudian udah pacaran, dan hanya dalam 10 detik lagi dia udah punya anak. Nama anaknya Si Luman lagi. ga bener banget kan? Apakah Nadia seorang yang ga bener? Apakah nama lengkap anaknya Si Luman Tengkorak? Apakah Dian Sastro seorang pria? Kita tidak tahu kan?

3. Membedakan Followers dan Following
Kalo di twitter, kita ga perlu nunggu-nunggu lagi permintaan pertemanan kita di konfirmasi sama temen kita. Kenapa? Karena di twitter follower dan following dibedakan. Jadi kalau misal kita mau follow Dr.Eka (dokter bedah) untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana mengatasi diare, tinggal klik follow dan kita bisa dapatkan tweet-tweet dari Dr.Eka meskipun ga bakal ada informasi tentang mengatasi diare (YA IYALAH! Dia kan dokter bedah).

Gimana sama orang yang di follow? Dia ga akan mendapatkan tweet-tweet dari orang yang follow, kecuali dia follow juga orang itu. Jadi kalau Dr.Eka di follow sama Nadia, dia ga akan tau kalau Nadia dan Si Otong udah punya anak yang namanya Si Luman.

4. Ga Ada Kuis Dan Ga Ada Game
Di twitter ga ada yang namanya game sama kuis kaya di facebookyang punya banyak game kaya Poker, Mafia Wars Ninja Saga, Gundu Saga,Gaple Saga, dan masih banyak lagi deh. Kalo di twitter, ga ada yang kayak begituan sehingga banyak yang milih twitter. Lho kok gitu? Iya dong karena menurut survey (lagi), orang-orang pada yang bermain di facebook sebenarnya karena terpaksa tanpa di paksa. Lho kok bisa? Bisa dong, karena sebenarnya game di facebook itu ga asik, tapi cuma menimbulkan keinginan untuk terus bermain. Lho kok bisa? Bisa dong, karena game di facebook sebenarnya hanya game asal klik yang tiap klik bisa menaikan level dari game sehingga kita jadi ingin terus ngeklik sampai kita bosen. Dan kalo udah bosen, kita baru merasa kalau jari kita udah bernanah karena kebanyakan ngeklik. Lho, kok laper? Makan Dong!

5. Cara Bales Yang Berbeda
Di twitter kalo mau bales tweet orang, ada caranya sendiri ga kaya facebook tinggal nulis di kotak komentar. Emang sih dalam hal ini sebenarnya facebook jauh lebih praktis, tapi kita kembali ke No.1 Ya baru! Karena cara bales yang  baru ini lah kita jadi merasa bahwa twitter lebih asik meskipun sebenarnya lebih ribet.

Nah itu adalah hasil penelitian gue tentang kenapa orang-orang pindah dari twitter ke facebook. Tapi keliatanya malah kaya kelebihan twitter di banding facebook ya? hahaha. Ya udah deh, semoga ini bisa membantu.

Salam Cuwawa 8)

21 thoughts on “Kenapa Memakai Twitter? Apa Alasanya?

  1. Waduhhh..ternyata aku juga termasuk orang yang ketinggalan dokar nih…
    Gimana??? sampai detik ini aku belum pnya twitter…. habis belum paham betul si..
    Terima kasih infonya, nanti aku cobaa bikin twitter..
    Salam sukses, Bos.

  2. @kagoya dan ayoga
    aduh tanggepanya pada serius banget ya? Kesanya blog ini kontroversial. Ini bukanya ngejelek-jelekin facebook,tapi emang gaya tulisan saya ini bercanda. Saya juga masih facebookan kok.

  3. genksukasuka berkata:

    kunjungan balik,
    klo pribadi sih emang masih puyeng make tweeter bis gda tmnya jd ga dipljari deh…
    mpe lupa akun yg dlu ..
    :)

    ageng: hahaha kalo ga cocok ya ga usuh di paksakan.
    Thanks udah berkunjung :)

  4. pernah buikin dan pernah eksis…. sekarang ngurusin blog aja, lebih asyik… :D

    ageng: kalo emnurut saya twitter malah kaya ngblog dari posnsel. Jadi kebanyakan posting saya malah terinspirasi dari tweet di twitter.

  5. salam kenal… kunjungan pertama…

    saya juga baru di twiitter.. eamng twitter lebih mengasyikan.. uhuy

    boleh berteman lewat twitter,, @yayanbanget

  6. hahahaha….. tergantung orangnya juga Geng… di facebook ada orang yang memang sindrome klik… jadi terkadang hal ga pentingpun diklik….. dan itu merambah ke game-gamenya aja… wekghhh

  7. Gw juga buat twitter udh lama,, dulu mah masih sepi yang aktif bule” semua..
    Sekarang mah rame bgt, yg apdet nafsu bgt, baru jga berapa detik langsung apdet lagi..

    eh pollow twitter gw ya:: @Rya_Li

    jgn lupa mention kalao mau di Folback

    ageng:ok gampak di atur haha
    btw, yg bener follow, pollow mah pelawak atu

  8. hehehe… kalau aku suka fb dari pada twitter, soalnya entah mengapa kalau aku buka twitter sering ngadat gitu dan alasan paling utamanya ‘KAGAK NGERTI BOOO’

    oke gua gaptek. (lu jangan hehehe di ditu !)

    Tapi blog lebih seru :D

  9. Sumpeh deh! Hal nomor satu yang paling gue benci di dunia maya ini adalah TWITTER !!! Apa sih bagusnya twitter! cuma @#*&%&^$!@%$%&@^#*$@@@!!!@###@#@#@# doank isinya! huwwwuueeeekkkkkkkk…!!!!!!!

  10. halala berkata:

    setuju nih gue juga lebih suka pake twitter
    buat yang marah-marah : lo belum ngerasain aja gimana asiknya pake twitter, makannya coba dulu *peace

Bro.. komennya bro Щ(º_ºщ) #pengemiskomen

